. . .

Bumikan Al-Qur'an dalam Diri Tiap Santri Bersama Al-Habib Ahmad bin Husein Al-Aidid



www.al-asyariyyah.com


WONOSOBO- Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an (PPTQ) Al Asy'ariyyah Kalibeber, Wonosobo mendapat kunjungan Al-Habib Ahmad bin Husein Al Aidid dari Yaman, Ahad (02/01).


Dalam sambutanya, Abuya Khoirullah Al-Mujtaba sebagai pengasuh PPTQ Al-Asy'ariyyah mengucapkan terimakasih atas kunjungan Al-Habib Ahmad bin Husein Al Aidid, dan minta maaf atas penyambutan yang seadanya dan juga meminta support dalam menghafal Al-Qur'an.


Ketika menghafal Al-Qur'an, sesungguhnya setiap huruf di dalam Al-Qur'an akan membuat satu cahaya dihati, dan satu huruf tiap kalimatnya akan membawa satu cahaya dalam Al-Qur'an karena itu semua adalah ucapan Allah SWT.


"Untuk mengagungkan Al-Qur'an, kalian harus menghalalkan hal-hal yang dihalalkan Al-Qur'an dan mengharamkan hal-hal yang diharamkan dalam Al-Qur'an", tutur Al-Habib Ahmad bin Husein Al Aidid.


Lanjut beliau "Orang yang ahli Qur'an bukan hanya orang yang menghafalkannya atau fasih dalam bacaan tajwidnya ataupun yang bagus suaranya di dalam Al-Qur'an. Sesungguhnya orang yang ahli Qur'an itu, diketahui dari sisi ketika ia memiliki kerendahan hati terhadap Al-Qur'an, disaat ia beribadah dengan perintah Al-Qur'an dan tidak akan pernah menyia-nyiakan waktu dan umur yang telah Allah SWT. berikan. Dan tanda yang paling besar untuk orang ahli Qur'an, mereka tidak pernah tergantung kepada kemaksiatan sekecilpun sekalinya mereka tergantung tanpa mereka niatkan, mereka akan segera kembali menuju ampunan Allah SWT. Orang ahli Al-Qur'an adalah orang yang berbakti kepada kedua orang tuanya, yang selalu menyambung silaturahim, menyayangi anak kecil, berbaik sangka terhadap setiap muslim dan muslimat, dan hati mereka selalu bersih dari sifat sombong dan riya'."


Jangan merasa cukup hanya dengan menghafal Al-Qur'an tanpa mempraktekkan isinya, berapa banyak perlombaan diadakan, namun banyak orang yang mengikuti perlombaan dengan tujuan hanya ingin mendapatkan ijazah dan mereka tidak senantiasa menghafalkan Al-Qur'an karena Allah SWT. 


Tutur Al-Habib Ahmad bin Husein Al Aidid, yang harus dimiliki sebagai penghafal Al-Qur'an  diantaranya:

1. Niatkan dalam belajar, ikhlaskan hanya untuk Allah SWT.

2. Selalu dalam keadaan taqwa kepada Allah SWT.

3. Selalu menjaga sholat lima waktu, tepat pada waktunya.

4. Selalu menjaga sunah Rasulullah.

5. Menjaga adab makan, minum, tidur, berpakaian, keluar masuk suatu tempat, dan setiap aktivitas yang dilakukan harus mengikuti Nabi besar Muhamamd SAW. 


"Dan siapapun yang dimuliakan oleh Allah untuk menghafal satu ayat saja dalam Al-Qur'an, maha hendaknya ia harus selalu mengulanginya, menjaganya dan jangan pernah sampai dilupakan." pesan beliau Al-Habib Ahmad bin Husein Al Aidid.


"Semoga apa yang menjadi keinginan Habib Ahmad itu bisa tercapai. Semua ilmu yang beliau sampaikan bisa kita amalkan dan bisa menjadi motivasi kita dalam menghapafal Al-Qur'an dan juga menjadi pengingat kita, bahwa kita ini adalah penghafal Al-Qur'an, harus menjaga adab adabnya, harus menjaga akhlaknya." ucap Syarif Hamid selaku M.C. kegiatan.


"Mudah-mudahan kita semua yang hadir pada malam hari ini baik santri maupun santriwati bahkan saya sekalipun dan seluruh orang yang mendengarkan ceramah ini menjadi penyejuk mata bagi baginda Nabi Muhammad, dan menjadi orang yang selalu dalam keistiqomahan." harap beliau Al-Habib Ahmad bin Husein Al Aidid.

 

Comments
0 Comments