. . .

Maulid dan Tasyakuran khataman Imam sholat dan Binadzor Qur’an Roudhotul Huffadz


 

WONOSOBO-Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Al-Asy’ariyyah Kalibeber, Wonosobo melaksanakan kegiatan Maulid Nabi dan Tasyakuran khataman Imam sholat dan Binadzor Qur’an Roudlotul Huffadz. Kamis, (11/11) di Gedung Baitul Qur'an Lantai 3  PPTQ Al-Asy’ariyyah.

Kegiatan ini merupakan rutinan tahunan yang diadakan oleh blok Roudlotul Huffadz. Dan dalam kegiatan ini diikuti oleh seluruh santri Roudlotul Hufadz PPTQ Al Asy’ariyyah. Serangkaian kegiatan acara maulid dan tasyakuran malam ini, diawali dengan khotaman dan pembacaan maulid rasul, dilanjutkan dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al Qur’an, sambutan, mauidzoh khasanah, dan yang terakhir doa penutup.  

Dalam acara ini terdapat beberapa pesan yang disampaikan kepada para santri Roudlotul Hufadz lewat sambutan pertama yang disampaikan oleh perwakilan lurah putra PPTQ AL Asy’ariyyah, Ust. Muhammad Ma’ruf S.Ag, beliau menyampaikan keluh dan kesahnya para pengurus di pondok, yaitu dikarenakan kurangnya SDM para pengajar di PPTQ Al Asy’riyyah, sehingga terkadang sering terjadi ketika ada jadwal mengaji kelas-kelas, khususnya kajian tafsir dan tahfidz banyak kelas yang sering kosong (tidak adanya pengajar).

Maka hal ini menjadi perhatian bersama bagi para santri Roudlotul Hufadz yang berkompeten dengan keilmuannya bisa turut serta mengamalkan dengan mengajar, dan hal ini sangat menjadi apresiasi untuk meningkatkan semangat mengabdi dengan ikhlas. Dalam kesempatan ini  juga beliau menyampaikan betapa pentingnya berkhidmah saat masih di pondok. Dan khususnya sebagai santri agar lebih istiqomah dalam mengaji.

Selanjutnya, sambutan yang kedua disampaikan oleh perwakilan pengurus blok Tahfidz RH Ust. Khoiril Asnafi, beliau menyampaikan beberapa hal tentang kegiatan-kegiatan di Blok RH, salah satunya yaitu acara Maulid Rasul dan Khataman Imam shalat dan binnadzor al qur'an. Kegiatan ini merupakan salah satu agenda rutinan yang dilakukan tiap tahun di Blok RH. Beliau juga memberikan  beberapa motifasi agar para santri di Blok RH ngajinya semakin rajin dan tambah semangat.

Menuju puncak acara dalam kegiatan maulid adalah pemberian mauoidzoh khasanah yang disampaikan oleh Kh. Muhammad Faizun, S.T.

“Apapun aktifitas di pondok dijadikan niat landasan beribadah. Di Pondok, yang pertama dijadikan tujuan ialah mencari ilmu, kedua mengaji dan melakukan segala hal yang bernilai manfaat. Sangat rugi bila melakukan hal tanpa adanya niat baik yang dengan hal tersebut dilakukan bisa bernilai ibadah dan menjadi Amal jariyah.”

Beliau juga berpesan dalam akhir mauidzohnya, agar kita semua jangan merasa cukup dengan amal yang sudah di dapat dan jadilah orang bermanfaat yang selalu mengambil faidah disetiap hari. Selagi masih dipondok untuk terus memaksimalkan waktu dengan menggali ilmu dan terus menyelam dalam samudera faidah.

 

Reporter: Azzahro Inayaturrohmah


Comments
0 Comments