. . .

AHAD PON DI AL-ASY'ARIYYAH

Pengajian ahad Pon 8 April 2018
Oleh : KH. Robingun El Suyud
Assalamu’alaikum Wr Wb.
Sebelum Allah SWT menciptakan alam semesta, Allah telah menciptakan Surga dan Neraka terlebih dahulu, suatu ketika Allah memanggil malaikat jibril dan memberitahukan kepadanya jika Allah telah menciptakan tempat yang sangat bagus, tidak ada tempat yang paling bagus dan mulia selain tempat itu, kemudian jibrilpun menanyakan kepada Allah apakah yang dimaksud tempat yang bagus dan mulia itu, dan Allah pun menjawab jika tempat yang bagus dan mulia itu bernama Surga. Kemudian Allah bertanya kepada jibril, kira- kira tempat sebagus dan semulia itu banyakah manusia yang berminat untuk menghuninya, jibrilpun menjawab itu pasti ya Allah, pasti banyak sekali manusia yang ingin menghuni didalamnya, jibril dipersilahkan untuk memasuki surga yang berisi kenikmatan –kenikmatan, setelah itu jibril bertanya. Adakah syarat bagi manuisa untuk bisa memasukinya. Allah menjawab bahwasannya untuk memasuki surga itu sangatlah mudah, ikutilah jalan yang lurus, yang di dalamnya berisi anjuran untuk bersabar,bersyukur, menjalankan sholat, puasa, zakat, membaca Al Qur’an, dan semua hal yang sesuai dengan syariat.
Setelah itu Allah bertanya kembali kepada jibril, setelah mengetahui hal tersebut apakah akan ada banyak manusia yang menghuni surga. Jibril menjawab sedikit ,karena manuisa memiliki sifat, sombong, dan kikir.
Allah bercerita kembali kepada jibril bahwasannya Allah juga menciptakan satu tempat lagi, tetapi tempat ini berbeda dengan yang tadi, karena di tempat ini hanyalah ada jeritan, dan tangisan. Kemudian malaikat jibrilpun diberi kesempatan untuk memasukinya, malaikat jibril berkesempatan mengelilingi 7 macam neraka dan benar didalamnya hanya berisi penderitaan, jeritan dan tangisan. Setelah jibril seselesai berkeliling jibril bertanya kepada Allah, Manusia seperti apakah yang akan menghuni tempat tersebut, Lalu Allah menjawab tempat tersebut di peruntukan untuk orang orang yang jauh dari Allah, orang – orang yang tidak mau menjalankan sholat, puasa, zakat, kikir, tidak mau bersyukur, sombong , orang –orang yang melanggar perintah Allah. Lalu Allah bertanya kepada jibril, kira- kira banyak atau tidak penghuni neraka, Jibril menjawab Banyak.
Jadi Allah SWT menciptakan Surga dan Neraka sebagai masa depan manusia di akhirat kelak, karena manusia tidak hidup selamanya di dunia. Sebagai manusia kita harus berusaha untuk selalu berada di Jalan yang lurus, jalan yang diridhoi allah, dengan apa ? yaitu dengan cara menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya .

ﺭَﺑَّﻨَﺎ ﺃَﺗِﻨَﺎ ﻓِﻰ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﺣَﺴَﻨَﺔً ﻭَﻓِﻲ ﺍْﻷَﺧِﺮَﺓِ ﺣَﺴَﻨَﺔً ﻭَﻗِﻨَﺎ ﻋَﺬَﺍﺏَ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ

Comments
0 Comments