. . .

Ziaroh ke Makam Pendiri Al-Asy'ariyyah : Refleksi Diri Menyambut Ramadhan

Jarum jam di dinding masih menunjukan pukul 05.00 saat pengumuman dari kantor pusat terdengar menggema, "Kepada seluruh santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Asy'ariyyah, baik SMP, SMA/SMK, Salaf, Tahfidz dan Mahasiswa dimohon berkumpul di halaman Masjid Baitur Rahim sekarang juga". Begitulah kira-kira pengumuman dari Lurah pondok yang diulangi sampai 3 kali (Sesuai Sunah).

Hari ini Ahad, 16 Juni 2014 Pondok Pesantren Al-Asy'ariyyah punya agenda yang rutin dilaksanakan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Ziarah ke makam para pendiri Al-Asy'ariyyah di Desa Deroduwur Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo. Letak Desa Deroduwur yang berada diatas bukit dan berjarak kurang lebih 8 KM dari Kalibeber harus dilalui oleh seluruh santri dengan berjalan kaki.

Sebelum berangkat menuju makam KH. Asy'ari, KH. Muntaha Alh, KH. Mustahal Asy'ari tersebut, semua santri diberi wejangan dan do'a oleh Abuya KH. Khoirullah Al Mujtaba' agar perjalanan tidak ada halangan yang berarti dan mendapat berkah dari Allah swt. Santri putra berjalan terlebih dahulu dan diikuti oleh warna-warni dari santri putri yang mengenakan seragam blok (kamar) nya masing-masing.

Tujuan utama ziarah dengan berjalan kaki sejauh 8 KM ini adalah untuk Napak Tilas, untuk mengenang jejak perjuangan para Pendiri Al-Asy'ariyyah dalam melawan penjajah dan memperjuangkan Kemerdekaan Bangsa Indonesia utamanya di daerah Wonosobo dan sekitarnya. Dimana dulunya desa Deroduwur digunakan oleh para pejuang --yang nantinya mendirikan Al-Asy'ariyyah ini--, sebagai persembunyian dan tempat menyusun strategi untuk melawan Penjajah Belanda. Selain itu, kegiatan ini juga untuk mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan dari semua santri PPTQ Al-Asy'ariyyah. Karena ziarah ini diikuti oleh semua elemen, baik pengurus, santri SMP, SMA/SMK, Salaf, Mahasiswa dan Tahfidz Semua harus berjalan kaki beriringan tanpa terkecuali.


Agenda rutin berjalan kaki menuju makam pendiri Al-Asy'ariyyah ini juga dilaksanakan setiap menjelang Haflah Khatmil Qur'an Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Asy'ariyyah, jadi dua kali dalam setahun setiap santri mengikuti kegiatan ini..
Comments
0 Comments